Out-of-School Activities

Ilustrasi kegiatan diluar sekolah
Source: freepik.com

Pentingnya kegiatan di luar sekolah untuk anak

Sekolah adalah hal yang penting bagi perkembangan diri anak. Dengan sekolah, anak dapat memperoleh ilmu lebih banyak terutama di bidang akademik. Selain itu sekolah juga memiliki value penting untuk dunia kerja nanti. Namun tahukah Anda bahwa kegiatan diluar sekolah juga tidak kalah manfaatnya dengan bidang akademik?

Kegiatan di luar sekolah sering dianggap kurang penting. Namun, sebenarnya hal ini tidak benar.

Sebagai orang tua, kita jelas ingin yang terbaik untuk anak, dan sebenarnya kegiatan di luar sekolah memiliki banyak sekali manfaat yang bagus untuk anak.Yuk, simak dulu manfaat-manfaat kegiatan di luar sekolah untuk anak. 

Pentingnya Kegiatan Di Luar Sekolah Untuk Anak

MELATIH KEMAMPUAN ANAK DALAM ME-MANAGE WAKTU

Anak yang sering mengikuti kegiatan di luar sekolah akan memiliki jadwal yang lebih padat. Hasilnya, mereka akan lebih terlatih dalam mengatur waktunya. Karena terbiasa mengatur waktunya sendiri anak juga tidak akan kaget dengan situasi di dunia kerja nantinya. Anak tahu kapan mengatur waktunya untuk belajar, bermain, hingga beristirahat. Mereka juga bisa mengenal konsep prioritas. Kemampuan manajemen ini pastinya sangat akan bermanfaat bagi anak untuk masa depannya. Kembali lagi, saat mereka tumbuh dewasa, akan ada lebih banyak hal yang pasti harus dilakukan. Dengan kemampuan manajemen waktu yang sudah terlatih sejak kecil, mereka pun sudah terbiasa untuk memanfaatkan waktu dengan baik.

MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA ANAK

Dengan mendaftarkan si kecil pada kegiatan di luar sekolah, ia akan memiliki tambahan skill baru. Lewat kegiatan ini, si kecil juga bisa mengembangkan potensinya. Potensi yang berkembang hingga menjadi sebuah kelebihan jelas akan membuat anak lebih percaya diri. Terlebih jika kemampuan tersebut jarang ditemukan pada anak sebayanya. Kepercayaan diri adalah suatu hal yang penting. Anak yang tumbuh dengan rasa percaya diri akan lebih mudah mencapai cita-citanya di masa depan. Sebaliknya, anak yang minder dan rendah diri akan merasa kesulitan mewujudkan mimpinya karena mereka selalu merasa tidak mampu. Nah, kegiatan di luar sekolah dapat membantu si kecil untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya.

MEMBIASAKAN ANAK BERSOSIALISASI

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, sehingga harus berinteraksi agar bisa memenuhi beragam kebutuhannya. Namun, sayangnya skill bersosialisasi dan berinteraksi manusia tidak dapat muncul dengan sendirinya. Kemampuan ini harus diasah agar dalam bersosialisasi nanti tidak akan muncul kecanggungan atau hambatan komunikasi lainnya. Kemampuan bersosialisasi sebaiknya diasah sejak dini. Mendaftarkan anak pada kegiatan di luar sekolah adalah langkah yang tepat untuk itu. Dalam kegiatan tersebut, anak akan bertemu dengan teman sebaya yang latar belakangnya berbeda dari teman-teman di sekolah dan di rumah. Jadi, kemampuan bersosialisasi mereka pun bisa semakin berkembang.

PENTINGNYA KEGIATAN DI LUAR SEKOLAH UNTUK ANAK

SEKARANG JADI TAHU MANFAATNYA

Nah, kegiatan di luar sekolah dapat membantu anak untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Dari sini bisa diketahui jika kegiatan selain dari kegiatan sekolah ternyata sangat penting. Bahkan jika memilih kegiatan dengan tepat, dampaknya akan terasa hingga anak dewasa. Jadi, usahakanlah untuk memilih kegiatan di luar sekolah untuk anak dengan saksama.

Ketahui mengenai informasi dan ide aktivitas kegiatan di luar sekolah yang dapat membantu Mama Papa untuk mendidik Anak di halaman ini:

Our Workshop
Our Workshop

Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya: