Motivation

Motivation adalah dorongan yang muncul dari diri seseorang untuk melakukan / berpikir dengan sebuah tujuan, secara sadar maupun tak sadar.

Menurut Wikipedia,
Motivation atau Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitasarah, & ketekunan sese orang dalam mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini diantaranya adalah intensitas, arah, dan ketekunan.

Terdapat 3 teori motivasi: teori hierarki kebutuhan Abraham Maslowteori X dan teori Y Douglas McGregor serta teori motivasi kontemporer. Berdasarkan teori-teori tersebut, arti motivasi adalah ‘alasan’ yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu. Seseorang dikatakan memiliki motivasi tinggi bila orang tersebut memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang diinginkannya. Berbeda dengan arti motivasi yang berkembang di masyarakat yang sering disamakan dengan ‘semangat’. Kata ini bisa diartikan bahwa orang tua tersebut menginginkan anaknya memiliki semangat belajar yang tinggi. Maka, perlu dipahami bahwa terdapat perbedaan dalam penggunaan istilah motivasi di masyarakat. Ada yang mengartikan motivasi sebagai alasan, dorongan, dan semangat.

Motivasi berasal dari bahasa Latin “movere”, yang berarti menggerakkan. Menurut Weiner (1990) motivasi adalah kondisi internal yang membangkitkan seseorang untuk bertindak; mendorong seseorang untuk mencapai tujuan tertentu; dan membuat indivdiu tersebut untuk tetap tertarik dalam kegiatan tertentu. Menurut Uno (2007), motivasi dapat diartikan sebagai dorongan internal dan eksternal dalam diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya hasrat dan minat, dorongan & kebutuhan, harapan & cita-cita, penghargaan, serta penghormatan. Sedangkan Imron (1966) menjelaskan bahwa motivasi berasal dari bahasa Inggris “motivation” yang berarti dorongan atau pengalasan untuk melakukan suatu aktivitas hingga mencapai tujuan.

Dari serangkain pengertian para ahli di atas, maka dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan; menyelesaikan; menghentikan; dsb, suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.

Bullying

Confronting Bullying: Building A Culture Of Kindness In Schools

Source: Universitas Airlangga Introduction Bullying is a pervasive issue that continues to plague schools worldwide, affecting millions of students every day. From verbal taunts to physical aggression, the impact of bullying can be profound, leading to emotional distress, academic struggles, and even long-term psychological consequences. Despite efforts to address this issue, bullying persists, highlighting the need […]

Confronting Bullying: Building A Culture Of Kindness In Schools Read More »

Nilai Jelek Bikin Gak Bisa Sukses?

Nilai Jelek Gak Sukses. “Haduh kok kamu nilai matematikanya cuma segitu, gimana mau sukses?” Parents, kebanyakan orang berpikir bahwa nilai dalam pelajaran terutama matematika adalah acuan seseorang untuk mencapai kesuksesan. katanya Kalau dapat Nilai Jelek Bikin Gak Bisa Sukses di masa depan. Padahal, manusia memiliki 9 jenis kecerdasan loh! Salah satunya memang kecerdasan matematika. Yuk

Nilai Jelek Bikin Gak Bisa Sukses? Read More »

Mulailah Membuka Mata Kalian dan Lihat sekitarmu

Mulailah Membuka Mata Kalian. Tahun 2021 ini menjadi tahun yang cukup berat bagi kita semua. Covid-19, Resesi, PHK Massal, Sekolah Daring. Bagaimana jika hal ini terjadi lagi? Apa yang akan kalian lakukan selanjutnya setelah semua ini berakhir? Pernahkah kita merenungkan saat ketika situasi kembali normal seperti semula, sudah siapkah kita menghadapi pesatnya kemajuan di era

Mulailah Membuka Mata Kalian dan Lihat sekitarmu Read More »

Rahasia Sukses Khabib Di Usia Muda Yang Mengejutkan!

Rahasia Sukses Khabib Muda. Siapa di sini yang mau cepat sukses di usia muda? Pasti semuanya mau dong! Tapi pernahkah kalian mendengar pepatah “NO PAIN, NO GAIN”? Apa hubungannya sama Khabib? Mari simak Livesmart membahas hal ini! INILAH Rahasia Sukses Khabib Muda. Khabib Nurmagomedov berhasil mengalahkan Justin Gaethje pada UFC 254 pada Minggu (25/10/2020), bagaimana

Rahasia Sukses Khabib Di Usia Muda Yang Mengejutkan! Read More »

Tips Menghilangkan Malas Paling Ampuh!

Menghilangkan malas Paling ampuh. Pernah kah kalian ingin mengerjakan sesuatu, tapi gak ada motivasi untuk ngerjain sama sekali. Tahukah kalian? Jutaan bahkan milyaran orang di dunia juga pernah mengalami hal yang sama loh! Mungkin kalian bertanya-tanya, gimana cara menghilangkan rasa malas tersebut, Sayangnya banyak orang malas tidak sadar kalau mereka malas loh, jangan-jangan salah satunya

Tips Menghilangkan Malas Paling Ampuh! Read More »

Inilah 5 Mindset Orang sukses di Dunia, Kalian Udah punya?

Mindset orang sukses dunia. Siapa yang tidak mengenal Mark Zuckerberg, Jeff Bezos, Jack Ma atau Bill Gates? Ya, mereka terkenal karena kesuksesannya di dunia Teknologi. Kalian mungkin gak yakin kalau bisa sukses kayak mereka. Kenapa harus ga yakin? Padahal kalian punya persamaan dengan mereka, apa itu? Masa sih? coba simak video dibawah ini: Kalian sama-sama

Inilah 5 Mindset Orang sukses di Dunia, Kalian Udah punya? Read More »

Mengejutkan! Fakta cara belajar yang belum kalian ketahui!

Fakta belajar mengejutkan. Tidak soal tua atau muda, kita semua pasti harus menghadapi yang namanya proses belajar. Kenapa? Karena dengan belajar kita bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Pendidikan yang lebih baik sangat penting bagi semua orang untuk terus maju dalam kehidupan dan mendapatkan kesuksesan. Ini juga bisa menambah kepercayaan diri dan membantu membangun kepribadian

Mengejutkan! Fakta cara belajar yang belum kalian ketahui! Read More »

Hindari Kebiasaan buruk ini kalau mau sukses! Yakin bisa yang ke-4?

Sadar tidak sadar dalam kehidupan kita melakukan hal buruk yang akhirnya menjadi kebiasaan. Ternyata, kebiasaan ini dapat menghambat kita untuk mencapai kesuksesan. Kali ini Livesmart akan share pada kalian, kebiasaan buruk atau bad habits yang bisa menghambat kalan untuk menjadi sukses! Berpikir jangka pendek. Kebanyakan dari kita apalagi remaja akan memilih jalan tercepat atau shortcut

Hindari Kebiasaan buruk ini kalau mau sukses! Yakin bisa yang ke-4? Read More »

Mau Sukses Tapi Hobi Rebahan? Coba Trik Ini!

Siapa yang gak mau sukses? Tahun 2021 menjadi tidak jauh berbeda dengan tahun 2020 yang sudah lewat. Gimana tidak, penerapan lockdown di banyak negara telah membatasi pergerakan kita untuk melakukan aktivitas. Diakibatkan oleh pandemi Covid 19 atau sering disebut virus corona, kita diminta untuk menjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan dengan lebih baik lagi. Bahkan

Mau Sukses Tapi Hobi Rebahan? Coba Trik Ini! Read More »