Larangan orang tua dan akibatnya terhadap anak!

larangan orang tua yang sering diucapkan dan akibatnya
ilustrasi orang tua melarang
Source: Asian Parenting ID

Larangan orang tua. Pernah gak sih kamu merasakan, orang tua selalu melarang kalian? Bisa jadi awalnya hal sepele kayak milih baju, pergi sama teman, sampe yang krusial kayak milih jurusan kuliah dan lainnya.

Apalagi beranjak dewasa kalian pasti ingin menentukan pilihan sendiri, kan?

Gimana perasaan kalian ketika mengalami hal ini? Coba simak video dibawah ini yang bakal pahami gimana perasaan kalian!

Mungkin kamu merasa orang tua kamu terlalu mengekang atau posesif.

Apa akibatnya jika orang tua melarang anak? Coba kita lihat satu-persatu.

  1. Anak jadi tidak mandiri. Pernahkah kalian merasa selalu membutuhkan bantuan orang tua? Tapi ketika mau coba mandiri, malah mereka larang kamu. Inilah salah satu akibat ketika orang tua sering melarang anak membuat keputusan atau melakukan sesuatu. Bagaimana mengantisipasinya? Kamu bisa menjelaskan secara perlahan berdasarkan bukti, salah satunya temanmu yang sudah berpengalaman untuk hal yang kamu ingin lakukan.
  2. Terganggunya komunikasi dengan anak. Jika sering dilarang, kalian pasti cenderung malas untuk bicara dengan orang tua mu. Padahal komunikasi adalah kunci untuk menyelesaikan perbedaan pendapat. Ceritakan dengan jujur kepada orangtua kamu tentang perasaan kamu dan dengarkan ketika mereka sedang berbicara.
  3. Kurang quality time bersama. Sudah pasti, kalian pasti akan malas keluar kamar meskipun hanya untuk berbicara dengan orang tua kamu karena mereka terlalu posesif dan over protective. Padahal sebenarnya mungkin mereka hanya ingin yang terbaik untuk kamu dan masa depan kamu. Coba sediakan waktu untuk mulai menyebarkan empati. Bisa jadi mereka dahulu punya pengalaman buruk serupa dengan kalian sehingga tidak mau kalian merasakan dampak yang sama guys.
  4. Anak jadi negative thinking terus. Kalau segala sesuatu diselesaikan dengan amarah dan perbedaan pendapat tanpa ada yang mau mendengarkan, maka hasilnya juga akan tidak happy ending.

Nah guys, daripada kalian terus-terusan negative thinking sama parents kalian, memikirkan betapa mengekangnya dan tidak peduli nya mereka terhadap perasaan kalian, coba cari sisi positive dari larangan yang diberikan orang tua deh. Misalnya, ketika memilih jurusan kuliah, mereka mungkin melihat kalian punya bakat terpendam atau bahkan mungkin mereka belum melihat bakat yang kalian miliki. Coba tunjukan ke mereka tentang kuatnya tekad kamu dalam menginginkan sesuatu.

Stay tuned at another Livesmart platform:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

Leave a Comment

Your email address will not be published.