5 Kunci menjaga kesehatan, Hati-hati virus jenis baru!

7 Cara Pola Hidup Sehat, Apa Saja? Halaman all - Kompas.com
ilustrasi hidup sehat. Source: Kompas.com

5 kunci menjaga kesehatan. Sudah satu tahun banyak dari kita diwajibkan untuk bekerja dan sekolah dari rumah. Bukan hanya itu, beberapa restoran juga sudah dibatasai jam bukanya agar tidak menjadi kerumunan mengingat kasus covid-19 atau corona yang sedang menjadi pandemi saat ini. Apalagi beredar informasi terbaru tentang virus corona variant terbaru yang lebih ganas, kita harus lebih menjaga kesehatann.

Meskipun vaksin sudah mulai didistribusikan, semua orang harus tetap wajib mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah agar tetap dapat menjaga kesehatan dari orang sekitar.

Beberapa diantara adalah wajib menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Namun tidak sedikit dari kita yang melihat orang yang “kecolongan” tidak menggunakan masker dan akhirnya dikenakan sanksi. Padahal anjuran menggunakan masker sudah terbukti secara klinis dapat mengurangi penularan virus corona yang sedang merebak ini.

Sekarang kita coba fokus ke kesehatan kita pribadi, apa saja yang bisa saya lakukan selain mencuci tangan, meggunakan masker dan menjaga jarak?

Kali ini Livesmart akan membahas 5 kunci menjaga kesehatan selama pandemi, yang bisa jadi kita anggap sepele namun bisa menyelamatkan nyawa kita dan orang disekitar kita.

1. Menjaga daya tahan tubuh menurut penelitian, virus corona lebih cepat menular kepada orang yang daya tahan tubuh atau imunnya lemah. Hal ini dapat dicegah dengan mengonsumsi vitamin dan gizi seimbang bagi tubuh kita. Beberapa makanan yang dapat meningkatkan imun adalah buah-buahan seperti jeruk, pisang, atau vitamin c dan sayur-sayuran. Jangan lupa juga wajib minum air putih yang cukup.

2. Pola tidur yang sehat.

Tubuh kita membutuhkan istirahat yang cukup agar bisa kembali segar saat beraktivitas di hari berikutnya. Apakah hal ini mudah? Bagi kebanyakan orang, jadwal yang padat dan pekerjaan yang menumpuk dapat menyebabkan berkurangnya jam tidur dan menurunnya konsentrasi dikarenakan tubuh merasa lelah. Maka dari itu, usahan tetap menjaga kesehatan dengan istirahat yang cukup dan jangan bergadang atau mengonsumsi kopi di malam hari.

3. Menjaga kebersihan.

Hal ini yang biasa dianggap sepele oleh banyak orang. Menjaga kebersihan disini tidak hanya berarti mencuci tangan ya. Namun mandi teratur, menjaga kebersihan makanan, juga menjadi factor utama dalam menjaga kesehatan kita. Ketika kita tidak menjaga kebersihan, bakteri dan virus bisa dengan mudah masuk ke tubuh kita tanpa disadari. Cara mudahnya adalah rutin cuci tangan, kaki dan mandi minimal 3 kali sehari.

4. Berpikir positif.

Saat pandemi ini banyak orang merasa stress karena terkena dampaknya. Hal ini bisa berbahaya jika dibiarkan. Stress berkepanjangan dapat menyebabkan kurang tidur, berkurangnya nafsu makan, menurunnya imun dan terganggunya kesehatan mental. Cara untuk berpikir positif adalah anda bisa coba meditasi, yoga atau berolahraga. Selain itu juga anda bisa melakukan hobi yang anda sukai sebagai hiburan agar tidak terfokus pada hal negative melulu.

5. Bersosialisasi dengan orang terdekat. karena sedang di rumah aja, buat kalian yang sudah berkeluarga atau sedang tinggal bersama keluarga di rumah, inilah waktunya kalian menggunakan kesempatan untuk menjadi lebih dekat dengan mereka. Dengan sharing session bersama anggota keluarga yang biasanya jarang berkomunikasi karena padatnya jadwal kerja diluar rumah, karena sedang bekerja atau sekolah di rumah kalian jadi bisa punya waktu bersama. Hal ini bisa menurunkan stress dan memperkuat hubungan kalian dengan keluarga dan tentunya jadi lebih sehat.

Itulah tadi beberapa cara untuk menjaga kesehatan kita di masa pandemi, kita semua mau pandemi ini agar cepat berakhir. Tapi coba kita juga bisa melihat sisi positif dari adanya pandemi ini agar kita terhindar dari stress dan lebih dekat dengan keluarga serta teman-teman.

Stay tuned at another Livesmart platform:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

Leave a Comment

Your email address will not be published.